Rabu, 21 Oktober 2015

Refleksi Magang 1 oleh: Maftoqah



Refleksi Magang 1



Oleh: Maftoqah
SMK N 3 Semarang adalah sekolah tempat saya magang 1. Magang 1 dilaksanakan saat saya semester 3. Oleh Universitas PGRI Semarang magang 1 dilaksanakan tanggal 7 – 22 November 2014. SMK N 3 Semarang terletak di Jalan Atmodirono Raya No. 7a Semarang. Di sana kami diterima dengan baik. Ucapan selamat datang disampaikan oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah di ruang BK yang sekaligus menjadi tempat kami mengerjakan tugas.
Selesai memberi sambutan, wakil kepala sekolah mengajak kami untuk mengelilingi SMK N 3 Semarang. Beliau menunjukan tempat praktik para siswa, lapangan, aula, ruang kelas, mushola, ruang guru, perpustakaan, dan lain-lain.
Kami segera melaksanakan tugas. Pembagian tugas yang sudah disepakati bersama mempermudah tugas yang tidak sedikit. Saya dan 3 orang teman mendapatkan tugas untuk memperoleh informasi di bagian tata usaha. Dengan mudah kami mendapatkan informasi yang kami butuhkan. Teman kami yang lain pun juga demikian. Kami juga merasa bangga diberi kesempatan untuk ikut serta dalam budaya sambut siswa pada pagi hari.
Observasi berjalan lancar. Hampir tidak ada kesulitan selama observasi. Hambatan baru akan datang. Saat itu kami hendak minta tanda tangan hasil observasi kepada wakil kepala sekolah. Sebelum menandatangani hasil kerja kami, wakil kepala sekolah memeriksa dengan teliti satu per satu poin dalam laporan. Beliau tidak segan bertanya jika terdapat poin yang tidak dimengerti. Ada beberapa poin yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Beliau meminta kami merevisi hasil laporan observasinya. Beliau juga memberikan saran untuk perbaikan laporan. Disitu kami melihat beliau sangat bertanggung jawab atas kami.
Setelah semua direvisi dan diteliti oleh wakil kepala sekolah, akhirnya tanda tangan beliau kami dapatkan. Tak lupa juga tanda tangan dari kepala sekolah.
Berlanjut pada penutupan dan pemberian plakat dari kami sebagai tanda terima kasih karena kami telah diterima dengan baik.

6 komentar: